Ayam Pelung – Khas Bercita Rasa Tinggi dari Cianjur Jawa Barat

Ayam Pelung adalah ayam yang berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Ayam ini terkenal dengan suaranya yang merdu dan khas serta memiliki bentuk fisik yang kokoh dan gagah. Apa sih yang membuat Ayam Pelung begitu istimewa?

Dalam pertandingan ayam, Ayam Pelung sering dijadikan sebagai peserta utama karena suaranya yang dapat memukau para penontonnya. Bahkan suara Ayam Pelung dinobatkan sebagai salah satu suara hewan terindah di dunia. Selain itu, postur tubuhnya yang tegap dan gagah juga membuatnya menjadi idola baru di dunia perburuan ayam.

Beli Ayam Pelung memang memerlukan harga yang cukup tinggi, tapi jangan khawatir, untuk kamu yang ingin memelihara Ayam Pelung namun terkendala dengan budget, ada solusinya! Kamu bisa mencoba untuk beternak Ayam Pelung. Selain menghemat biaya, kamu juga bisa menyebarluaskan keberadaan Ayam Pelung agar semakin dikenal oleh masyarakat sehingga tidak menjadi spesies yang punah.

Ayam Pelung
“Ayam Pelung”

Ayam Pelung merupakan salah satu jenis ayam asli Indonesia yang berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Ayam Pelung memiliki ciri khas yaitu suaranya yang panjang dan indah seperti alunan musik yang merdu.

Sejarah Ayam Pelung

Menurut sejarah, ayam pelung dikenal sebagai ayam kate Cianjur atau ayam pelung Cianjur. Kata “pelung” sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah “gacor” atau “berisik”. Ayam pelung pertama kali ditemukan di desa Sukamulya, Cianjur pada tahun 1919 oleh seorang peternak bernama R. Mochtar dan saat ini sudah menjadi salah satu ayam aduan terkenal.

Karakteristik Ayam Pelung

Ayam Pelung memiliki tubuh yang besar dengan tulang yang kuat dan kaki yang panjang serta bulunya berwarna coklat kehitaman. Ayam pelung jantan memiliki berat sekitar 3-4 kg sedangkan betina memiliki berat sekitar 2-3 kg. Selain itu, ayam pelung juga memiliki jambul atau bulu di kepala yang cukup panjang dan tebal.

Baca Juga :   Perawatan Harian untuk Ayam Hias

Perbedaan ayam pelung dengan ayam lainnya adalah suara ayam pelung yang sangat khas. Suaranya seperti suara alunan musik yang indah dan bisa bertahan hingga 30 detik lamanya. Biasanya ayam pelung digunakan dalam pertandingan adu suara dan kekuatan untuk menentukan siapa yang terbaik.

Perawatan Ayam Pelung

Untuk merawat ayam pelung tidak jauh berbeda dengan ayam aduan lainnya. Ayam pelung bisa dipelihara di kandang yang cukup besar dan diberikan pakan yang sehat seperti jagung, dedak, sisa-sisa sayuran dan ikan asin.

Saat masih anakan, ayam pelung perlu dilatih agar suaranya bisa berkembang dengan sempurna. Latihan yang dilakukan biasanya adalah dengan memainkan lagu secara teratur pada jam tertentu supaya mereka terbiasa mendengarkan musik dan mengembangkan bakat suara.

Pertarungan Ayam Pelung

Di daerah Cianjur pertandingan adu ayam pelung masih sangat populer dan diadakan secara rutin dalam acara keagamaan atau festival kesenian. Tak jarang, para peternak ayam pelung dari berbagai wilayah berkumpul untuk mengadakan pertandingan seru yang menampilkan keindahan suara dari ayam pelung.

Dalam pertandingannya, ayam pelung akan ditempatkan di atas panggung dan diminta untuk bersaing mengeluarkan suara terbaik selama 30 detik. Juri akan mengevaluasi suara dan posisi kepala ayam pelung saat mengeluarkan suara dan menentukan siapa ayam pelung yang terbaik.

Keunikan Ayam Pelung

Selain memiliki karakteristik yang unik dan menarik, keberadaan ayam pelung juga sangat penting untuk melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia. Oleh karena itu, perlunya menjaga dan merawat ayam pelung agar terus berkembang dan tidak punah.

Kesimpulan

Ayam Pelung atau Ayam Gacor Cianjur merupakan salah satu salah satu jenis ayam aduan asli Indonesia yang memiliki keistimewaan suaranya yang panjang, indah dan bertenaga. Ayam pelung populer di daerah Cianjur dan menjadi ikon budaya. Merawat dan menjaga kelestarian ayam pelung merupakan tanggung jawab kita sebagai warga Indonesia agar warisan budaya dan keanekaragaman hayati tetap terjaga dan lestari.

Baca Juga :   Kontes Ayam Hias Nasional di Blitar

Video Ayam Pelung

Visit Video

Ayam Pelung adalah salah satu jenis ayam khas Indonesia yang terkenal dengan suara kokoknya yang merdu dan nyaring. Ayam ini berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Bentuk fisiknya yang gagah dan besar menarik perhatian banyak orang untuk memeliharanya sebagai hewan peliharaan atau bahkan untuk diikutsertakan dalam perlombaan ayam.

Ayam Pelung memiliki suara kokok yang unik dan khas, dimana suaranya dapat terdengar hingga jarak yang jauh dan menjadi kelebihan dari jenis ayam yang satu ini. Selain suara kokoknya yang merdu, tebal, dan bergetar seperti alunan gamelan, ayam pelung juga memiliki ciri khas dalam gerakannya saat sedang berkokok yang disebut dengan ‘loncatan pelung’.

Banyak para penggemar ayam yang tertarik dengan keindahan dan uniknya ayam pelung, sehingga banyak orang yang memeliharanya sebagai hewan peliharaan. Selain itu, juga banyak yang mengikutsertakan ayam pelung dalam perlombaan ayam di daerah-daerah tertentu di Jawa Barat. Perlombaan ayam pelung biasanya diadakan pada hari-hari tertentu dalam satu tahun dengan hadiah yang tidak sedikit.

Demikianlah informasi mengenai ayam pelung, salah satu jenis ayam khas Indonesia yang terkenal dengan keindahan dan suara kokoknya yang khas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh tentang ayam pelung. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *