Obat Ayam Berak Kapur : Coba Cara Ini

Ayam berak kapur, sebuah kondisi di mana kotoran ayam berubah menjadi warna putih atau abu-abu, dapat menjadi isu yang mengkhawatirkan bagi pemilik peternakan ayam. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang kondisi ini dan bagaimana mengelolanya dengan efektif.

Apa Itu Ayam Berak Kapur?

Ayam berak kapur, juga dikenal sebagai feses berkapur atau pullorum, mengacu pada kondisi pada ayam di mana kotorannya mengalami perubahan warna yang mencolok, menjadi putih atau abu-abu. Kondisi ini sering disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella dan bakteri lain yang berasal dari tanah.

Mengenali Gejala

Penting bagi pemilik peternakan untuk dapat mengidentifikasi gejala ayam berak kapur. Ini mungkin termasuk:

  1. Mata Tertutup (Tampak Mengantuk): Ayam yang terkena kondisi ini sering menunjukkan tanda-tanda tampak mengantuk atau lemas, dengan mata mereka tetap tertutup dalam jangka waktu yang lama.
  2. Komb Tongkat Berwarna Kebiruan (Jengger Kebiruan): Komb, yang merupakan jengger daging di atas kepala ayam, dapat berubah menjadi warna kebiruan.
  3. Nafsu Makan Menurun: Ayam dengan ayam berak kapur mungkin menunjukkan penurunan nafsu makan, yang mengakibatkan konsumsi makanan yang lebih sedikit.

Pilihan Pengobatan

Untuk mengatasi ayam berak kapur, penting untuk mempertimbangkan opsi pengobatan. Pengobatan umum termasuk:

  1. Antibiotik: Antibiotik seperti coccilin, neo terramycin, tetra, atau mycomas dapat diberikan untuk melawan infeksi bakteri yang menyebabkan kondisi ini.
  2. Tetra Chlor: Obat ini terbukti bermanfaat dalam mengelola berbagai masalah kesehatan ayam, termasuk CRD (ngorok), diare hijau (berak hijau), dan pullorum (berak kapur).

Tindakan Pencegahan

Pencegahan memainkan peran penting dalam menjaga kawanan unggas tetap sehat. Pertimbangkan langkah-langkah pencegahan berikut:

  1. Probiotik: Memasukkan probiotik dalam diet ayam Anda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka, membantu mencegah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan ayam berak kapur.
Baca Juga :   7 Manfaat Jahe Untuk Ayam Bangkok Luar Biasa Meningkatkan Performa

Meminta Saran Profesional

Dalam kasus yang parah atau jika gejala tetap persisten, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan. Mereka dapat memberikan saran khusus yang disesuaikan dengan situasi unik dari kawanan unggas Anda.

Kesimpulan

Ayam berak kapur dapat menjadi kondisi yang mengkhawatirkan bagi pemilik peternakan ayam, tetapi dengan pemahaman yang tepat dan pengobatan tepat waktu, kondisi ini dapat dikelola dengan efektif. Ingat untuk mengamati kawanan Anda dengan cermat untuk tanda-tanda ketidaknyamanan dan mengambil tindakan yang tepat dengan segera. Dengan perawatan yang tepat, ayam Anda dapat menikmati kehidupan yang sehat dan berkembang dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *